Selasa, 10 April 2018

Membuat Trigger MySQL

Jumpa lagi di blogger ini.

Di waktu yang istimewa ini, saya ingin berbagi koding untuk membuat kode unik ke dalam database.
Kode unik ini bisa digunakan misalnya sebagi kode verifikasi jika digunakan pada pendaftaran online. Kode unik juga dapat digunakan misalnya sebagai kode verifikasi dari penjualan online.
Banyak ragam pemanfaatan kode unik ini.

Oke langsung saja,

Pertama, saya
suka mengingatkan diri saya...tuk mengawali apapun dengan berdoa.
Mari kita berdoa terlebih dahulu, niatkan belajar untuk menambah pengetahuan.

Oh ya, perlu diketahui, bahwa peng-kode-an ini dilakuakn di sisi database, jadi ketika anda akan merubah platform dari pemrograman apapun, tak perlu susah untuk membuat kode unik, karena hal itu sudah dengan baik hati dilakukan oleh database.
Kali ini database yang penulis gunakan adalah MySQL.

Buatlah tabel yang akan menampung kode unik.
Isi type data dengan memilih varchar(6). Mengapa 6? Yaa, karena tidak 5 ataupun 4. Terserah anda, berapa karakter yang disuka, saya kebetulan pas suka 6.

Setelah tabel terbuat, buatlah Trigger. Apa itu trigger?? penjelasan trigger ada di sini.

Scripnya seperti berikut ini.


Setelah itu, execute script.
Setelah berhasil dengan notifikasi no error. Kita test dengan insert data ke kolom yang ke dua, maka kolom kode unik akan terisi otomatis.

Sekain dari saya, jika kurang jelas, silahkan hubungi Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar